IKLAN

Sampai Dikira Supir Angkut Beras, Kesahajaan Sri Sultan Hamengkubuwono IX

Penulis: R.Budi Ariyanto Surantono

KlikJogja- Siapa yang tak kenal Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Sosok Raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang terkenal bersahaja dan sangat peduli dengan rakyatnya.

Gemar terjun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi rakyat yang dipimpinnya. Saking merakyatnya, sampai-sampai Ngarsa Dalem pernah dikira supir pengangkut beras.

Begini ceritanya, suatu pagi Sultan HB IX yang memang hobby mengemudikan mobilnya sendiri itu sedang melintas dijalan Godean, Sleman tanpa ditemani ajudan atau stafnya.

Tiba-tiba, mobil yang beliaun kemudikan dihentikan oleh seorang ibu-ibu tua. Seketika Sultan HB IX menghentikan mobilnya dan menemui ibu tua itu.

Tanpa basa-basi ibu tua itu langsung memerintahkan Sultan untuk menaikkan karung beras dan diminta mengantarnya ke Pasar Kranggan, Yogyakarta.  Sultan pun menuruti permintaan ibu tua tadi.

Sesampai di Pasar Kranggan, beras segera diturunkan dan Sultan pun langsung berpamitan. Sang ibu yang tidak mengenali Sultan itupun heran, karena orang yang disuruh membawa beras itu tidak mau dibayar.

Tak lama setelah Sultan meninggalkan lokasi, sang ibu tua pedagang beras itu pingsan. Setelah ia diberitahu siapa orang yang baru saja mengantarkannya membawa beras itu.

Karena sudah tua, ia tidak menyadari bahwa yang telah diperintah membawa beras itu junjungannya. Ia mengira sang Raja adalah supir pengangkut beras yang biasa mengangkut para pedagang ke pasar.

Makanya begitu tau siapa yang telah membawanya ke pasar, ibu tua itu langsung pingsan.

Posting Komentar

0 Komentar