IKLAN

Ilmu Kejawen Syekh Siti Jenar (Bagian II)

KlikJogja - Kesadaran historis Ratu Kalinyamat sangat tinggi. Kanjeng Sunan Kalijaga memberi sejarah berdirinya kerajaan Demak Bintara. 

Dhandhanggula 

Myang suratira Sri Narapati,
Majalengka kang dhawuh mring sira,
nulya tinampen sirage,
mring Harya Damar sampun,
ponang surat binuka aglis,
sinuksma ing wardaya,
penget layang ingsun,
Brawijaya majalengka,
Heh ta sira Harya Damar,
Sira sun paringi,
Garweng ngong putri cina.

Nanging aja kokrewang saresmi,
lah hentenen ing titipaning wang,
yen wus mijil wawratane,
sakarsanira iku,
marang putri Cina wus dadi, 
pan iku garwanira,
ywa ta hamaringsun,
sahesthining sriraning wang,
pan wus kamot aneng patra kang sun tulis,
rampung tata titinya.

Penulisan surat di astana sastra wulan Mojokerto. Tafsir dan makna ajarannya dipahami Ratu Kalinyamat. 

Sejarah perlu dipelajari untuk merancang kehidupan pada masa mendatang.

 Banyak pelajaran pada masa silam yang dapat digunakan untuk referensi hari ini dan hari esok. Babad Tanah Jawi mencatat peristiwa kerajaan. 

Sejarah kerajaan Majapahit pernah mengalami masa kejayaan, keemasan dan kemakmuran. Pemerintahan kuat, bersih dan berwibawa. Rakyat hidup makmur rukun dan bahagia. Kerajaan Majapahit menjadi sumber tenaga untuk mengembangkan jiwa kebangsaan.

Jepara turut berkontribusi atas berdirinya Kraton Demak Pajang dan Mataram. Wajar bila KRT Bambang Hadipuro memimpin Paguyuban Abdi Dalem Karaton Surakarta Hadiningrat. Peresmian tanggal 16 Nopember 2019 di Joglo Hadipuran Sukodono Tahunan Jepara. 

Serat Syekh Siti Jenar diulas dalam berbagai sudut pandang. Ngelmu kasampurnan ini menyebar di seluruh kawasan tanah Jawa. 

B. Kawruh Kasampurnan Jawa. 

Ilmu kasampurnan mengantarkan pada ketentraman lahir batin. Syekh Siti Jenar mewariskan ajaran luhur yang berpusat di Balong Bangsri Jepara. 

Joglo Hadipuran meneliti Sejarah Ratu Kalinyamat yang dihubungkan dengan berdirinya Kraton Pajang. Agar diperoleh pemahaman yang utuh. 

Kraton Pajang berdiri pada tanggal 24 Juli 1546. Rajanya bernama Joko Tingkir atau Mas Karebet. Bergelar Sultan Hadiwijaya Abdul Hamid Panetep Panatagama. 

Jasa besar Joko Tingkir adalah menjaga kehormatan Kerajaan Demak. Maka Ratu Kalinyamat memberi dukungan penuh. Joko Tingkir penyelamat kerajaan dari bahaya krisis politik. Trah kusuma rembesing madu. 
Bersambung
(Editor : Triana)

Posting Komentar

0 Komentar