IKLAN

Ilmu Kejawen Syekh Siti Jenar (Bagian IV)

KlikJogja - Ratu Kalinyamat adalah putri Sultan Trenggana, raja Demak. Beliau bertapa di gunung Danaraja. Tempat bertapanya bernama Sonder. 

Suami Ratu Kalinyamat bernama Pangeran Hadirin. Seorang pengusaha kaya raya yang berasal dari kerajaan Samudra Pasai. Ratu Kalinyamat merupakan pendiri kabupaten Jepara. Jasanya amat besar atas berdirinya kerajaan Pajang yang merupakan leluhur Sinuwun Prabu Hanyakrawati. Dari Pajang inilah lantas kerajaan mataram berdiri.

 Atas perjuangan Ki Ageng Pemahanan, Ki Ageng Penjawi dan Ki Ageng Jurumartani. Pajang berdiri kokoh. Mengingatkan Joko Tingkir berguru pada Ki Ageng Banyubiru. 

Kali Serang yang berhulu dari Gunung Merbabu berhubungan dengan kota Salatiga. Asal KRT Bambang Hadipuro yang sekarang tinggal di Sukodono Tahunan Jepara. Makam Ratu Kalinyamat di Mantingan berjarak 2 km dari joglo Hadipuran.

Untuk memberi dukungan tim peneliti, KRT Bambang Hadipuro mengajak seniman ISI Surakarta. Pentas pedalangan dengan lakon wayang yang dilakukan oleh muda mudi. Biar seni edi peni tetap lestari.

KRT Bambang Hadipuro merupakan pewaris ajaran Syekh Siti Jenar. Yakni kelarasan sosial berbasis toleransi dan keberagaman. 

"Jepara sumber ajaran kasepuhan Kejawen." Tokoh kebudayaan pesisir kelahiran Salatiga ini menjelaskan kepada sanak kadang.
(Editor : Triana)

Posting Komentar

0 Komentar