IKLAN

Ilmu Kejawen Syekh Siti Jenar (Bagian I)

Oleh: Purwadi. 
Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara LOKANTARA, 

KlikJogja - A. Wejangan Syekh Siti Jenar. 

Mbabar ilmu kejawen berlangsung di pagelaran sasana suwema. Pegiat. budaya hadir dari pesisir lor tanah Jawa. Berlangsung pada hari Sabtu, 23 Desember 2023. KRT Bambang Hadipuro memberi pakaryan pada tim peneliti. Bertugas untuk melakukan dokumentasi sejarah Ratu Kalinyamat yang berguru kepada Syekh Siti Jenar. 

"Seorang guru kebatinan yang terkenal di seluruh Tanah Jawa. Agama ageming aji. Itulah Syekh Siti Jenar". Pengelola joglo Hadipuran Jepara ini menjelaskan dengan latar Kerajaan Demak Bintoro. 

Catatan budaya dilakukan untuk dokumentasi. Siaga ing gati, sawega ing dhiri. Tim peneliti terdiri dari Purwadi, Puji Ari Wibowo, Susanti Purwaningrun. Lokasi penelitian di Mantingan Tahunan Jepara dan gunung Danaraja. Dari kota Jepara sejauh 40 KM menuju arah Tayu Pati. Anelasak wana wasa, tumuruning jurang terbis. 

Kerajaan Demak Bintara lahir pada tahun 1478. Pada masa inilah berkembang ajaran ngelmu kasampurnan yang disebarkan oleh Syekh Siti Jenar. Berguru pada Sunan Bonang bersama dengan Raden Mas Sahid putra Bupati Wilwatikta Tuban. 

Kelak Raden Sahid dinobatkan menjadi anggota Wali Sanga. Bergelar Sunan Kalijaga. Adapun Syekh Siti Jenar mengembangkan ajaran Islam Kejawen. Pengaruh Syekh Siti Jenar sampai kawasan pedesaan. Ilir Ilir tandure wis sumilir. 

Kanjeng Ratu Kalinyamat merupakan pengikut Syekh Siti Jenar. Pemimpin Jepara ini menyebut ngelmu kasampurnan. Siswa lain menamakan sangkan paraning dumadi, kawruh sepuh, seserepan tuwa. Puncaknya untuk mewujudkan manunggaling kawula gusti. 

Dhandhanggula

Ingsun mulih pribadi ing urip, 
Sunan Bonang sumambung wacana, 
Jenar paran pratingkahe, 
Den arsa murweng idhup, 
Caritakna patrape kaki, 
Mesem Syekh Siti Jenar, 
Apa sira tan wruh, 
Layak karasan neng dunya, 
Yen Siti Jenar tan kewran mring ilmu jati, 
Sun latih saben dina. 

"Wedharan ilmu kebatinan disebutkan dalam kitab Babad Tanah Jawi. Ini inti sari kutipan wulangan guru kebatinan. Sebagai sarana Ratu Kalinyamat untuk melakukan pengabdian pada Kabupaten Jepara".
Penjelasan ilmu kejawen itu diberikan oleh pangarsa kejawen Ponorogo, KRA Gendut tokoh bumi reyog. 

Ajaran Syekh Siti Jenar dihayati benar oleh Ratu Kalinyamat dan masyarakat Jepara. Dalam bentuk tembang sangat menyentuh hati, karena menggunakan estetika macapat. Murih padhanging sasmita. 

Dhandhanggula

Sadat salat puwasa kawuri, 
Apa dene jakat lawan pitrah, 
Iku kawruhana kabeh, 
Murih kena ginugu, 
Islam tetep pandoming budi, 
Nelahi  kyehning titah, 
Sinung swarga besuke, 
Wong Jawa kanut sarjana, 
Tur nyatane padha bae pengin uning, 
Siswa Syekh Siti Jenar.

Kang mituhu salat lawan dikir
Anglakoni neng masjid ting krembyah, 
Pancen nana ganjarane, 
Yen wus ngapal mantramu, 
Jatine kena pinanggih. 
Neng dunya bae padha, 
susah amemikul, 
Lara sangsaya tan beda, 
Marma Siti Jenar mung madhep Hyang Widhi, 
Gusti Dat roning kamal.

Pengajaran kawruh sejati di Balong Bangsri Jepara. Dari sini lantas ilmu itu menyebar ke segala penjuru. Tafsir dan makna ajarannya ajaran Syekh Siti Jenar perlu dipahami dengan hati hati. 

Proses pembelajaran mesti urut dan tertib. Tidak boleh salah tafsir, agar tidak membuat gaduh. Dipahami dengan hati hati. (Editor : Triana)

Posting Komentar

0 Komentar