IKLAN

PPS Trimulyo Bantul Gelar Bimtek Penyelenggaraan Pemilu 2024. Generasi Z Antusias Mengikuti

Suasana Bimtek Anggota KPPS Kalurahan Trimulyo Bantul

KlikJogja, Bantul - Setelah jalani pelantikan pada Kamis, 25 Januari 2024 lalu,  anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta jalani Bimbingan Teknik (Bimtek) hari ini Minggu, 28 Januari 2024.

Bimtek diselenggarakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kalurahan Trimulyo bertempat di Komplek Balai Kalurahan setempat.

Pemateri kegiatan ini berasal  dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kapanewon Jetis  dan anggota  PPS Kalurahan Trimulyo.

Generasi Z Dominasi Keanggotaan KPPS 2024

Berbagai pedoman teknis tentang tata cara  penyenggaraan pemungutan suara di TPS disampaikan secara gamblang dan santai sehingga para anggota KPPS merasa nyaman mengikutinya.

Selain tentang penyelenggaraan pemilu, juga disampaikan materi   tentang kesehatan yang disampaikan oleh pihak Puskesmas Jetis Bantul menyampaikan trik & tips  membahas  kondisi dan kesehatan selama menjalankan tugas selaku anggota KPPS.

Materi Bimtek juga membahas tentang tata cara perhitungan suara hingga pelaporan dan pencatatan melalui aplikasi digital yang sudah disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Anggota PPS Trimulyo Elyana Membimbing Simulasi  Peserta Bimtek 

Menurut anggota PPS Kalurahan Trimulyo Elyana,  pada pemilu 2024 ini banyak menggunakan Teknologi Digital. Karena banyak data dan dokumen yang harus di upload secara digital melalui aplikasi sehingga dibutuhkan anggota anggota KPPS yang memiliki kemampuan khusus untuk menjalankan tugas ini.

"Pada Pemilu 2024 ini dibutuhkan tenaga-tenaga potensial yang menguasai IT dan Aplikasi, karena mulai dari pra hingga pasca pemungutan suara banyak data dan dokumen digital yang harus di upload", ungkapnya.

Secara umum, prosedur dan tata cara penyelenggaraan pemungutan suara di TPS tahun 2024 sama dengan pemilu sebelumnya. Hanya saja dalam pemilu 2024 ini kemampuan  penggunaan teknologi digital sangat dibutuhkan.

Di akhir sesi, semua peserta diminta mengikuti simulasi pengisian data agar memiliki gambaran tentang apa yang harus dan tidak dilakukan pada saat bertugas di TPS nanti.

 
Simulasi Pengisian Data Oleh Peserta Bimtek

Mengingat kebutuhan tersebut, kehadiran generasi Z dalam keanggotaan KPPS menjadi sangat vital. Karena mereka memiliki kemampuan mengakses teknologi digital secara cepat dan mudah sesuai dengan jamannya.

Di tahun 2024 ini, anggota KPPS Kalurahan Trimulyo  didominasi anak anak muda generasi Z yang tentu tidak kesulitan dengan aplikasi digital yang harus digunakan  sesuai dengan tantangan dan kebutuhan jaman. (Ariyo)

Posting Komentar

0 Komentar