IKLAN

Yuk Bantu Cahyo, Penderita Lumpuh Layu Agar Bisa Hidup Layak

KlikJogja - Adalah Cahyo (16 th), warga Dusun Kedung Buweng RT.04, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengalami sakit lumpuh layu sejak lahir.

Sehari-hari ia hanya bisa berbaring dan sesekali duduk di rumahnya yang sederhana didekat Makam Raja Raja Mataram Imogiri bersama nenek nya.

Sejak bayi ia sudah ditinggal pergi oleh kedua orang tuanya dan dititipkan neneknya sejak usia 3 tahun. Dan hingga ia berusia 16 tahun, kedua orang tuanya tidak pernah datang menjenguknya. 

Saat ditinggal neneknya bekerja jualan makanan ringan keliling, ia hanya dirumah sendirian dan untuk menjaga agar ia tidak mengalami celaka, terpaksa sang nenek mengikat kaki nya dengan tali.

"Saya terpaksa mengikat kaki nya dengan tali saat saya tinggal pergi jualan, karena kalau tidak Cahyo akan sampai kemana-mana", ungkap Mbah Waryanah.

Memang rumah Nenek Cahyo tinggal di rumah yang depannya ada sungai yang curam, sehingga di khawatirkan Cahyo akan keluar rumah mendekati sungai. Selain itu jika tidak diikat Cahyo juga suka ke dapur  yang juga bisa membahayakan dirinya.

Dengan ekonomi keluarga Mbah Waryanah yang pas pasan, Cahyo belum bisa mendapatkan kehidupan yang layak, ia hanya makan seadanya bahkan untuk kebutuhan Pampers sehari-hari kadang masih suka kekurangan.


Walaupun tidak memiliki fisik dan mental yang sempurna sebagaimana anak anak lain seusianya, ia rupanya juga merasa haus belaian kasih sayang. Sehingga setiap ada yang mendekati dan membelainya ia merasa senang dan bahkan ingin dimanja layaknya anak anak normal lainnya.

Melalui rubrik ini, Mbah Waryanah  berharap ada orang baik yang mau membantu memenuhi kebutuhan Cahyo yang makin lama makin besar. Karena sebagai nenek dan pengasuh Cahyo satu-satunya ia ingin kondisi Cahyo bisa membaik dengan cara diterapi atau pengobatan medis lainnya. (Ariyo)


Posting Komentar

0 Komentar