IKLAN

Marhaban ya Ramadhan 1445 Hijriah

|Jurnalis: Dedi Mulyadi||Uploader: Redaksi-001|

|Klikjogja|-Dua pekan lagi umat islam akan memasuki bulan ramadhan “Marhaban ya Ramadhan” seruan ucapan bulan Ramadhan akan menggema di masjid, mushola, media sosial, radio, televisi, telephone seluler, WhatsApp, sebagai ungkapan eksperesi kegembiraan datangnya bulan suci Ramadhan, diekpresikan dengan perubahan tindakan dan perilaku.

Ibadah puasa bulan suci Ramadhan diwajibakan bagi orang-orang beriman, berbeda dengan ibadah lainya, sebab puasa adalah ibadah rahasia, hanya orang yang menjalankan puasa dan Allah saja yang mengetahui.

Ucapan “Marhaban Ya Ramadhan” bulan yang penuh berkah memang sepatutnya dilontarkan dengan gembira, banyak nilai yang dipetik dibulan Ramadhan disamping ibadah-ibadah dilipat gandakan pahalanya juga ada nilai sosial, kesehatan, spritual, dan kepribadian.

Nilai sosial, kebersamaan, kegotong royongan, perdamain, silatuhrahmi, ada juga manfaat lahiriah pemulihan kesehatan terutama pencernaan dan metabolisme, peningkatan intelectual, keharmonisan rumah tangga, kasih sayang, pengelolahan hawa nafsu dan penyempurnaan kepribadian lainya.

Aspek spiritual puasa meningkatkan ketakwaan dan kejernihan dalam berdialog dengan al-Khaliq, semua adalah nilai-nilai positif yang terkandung didalam bulan suci Ramadhan tidak hanya dipahami wacana yang memenuhi intelectualitas, akan tetapi diimplementasikan dan dihayati dalam kehidupan sehari-hari.

Posting Komentar

0 Komentar