IKLAN

Pondok Alam Hafidz Quran Yatim Piatu Dhuafa Siap di Bangun di Gunung Kidul. Kesempatan Ikut Wakaf Pembebasan Lahan Minimal 1 Meter Untuk Pembangunan Mushalla dan Pondok

Lahan Wakaf Untuk Pembangunan Mushala (Foto: Ariyo)

|Uploader: Redaksi-001|

|KlikJogja|Gunungkidul - Padepokan Naga Emas Nusantara (Banyu Mili Migunani Grup), dalam rangka mewujudkan Generasi Emas yang memiliki Akhlaqul Karimah sedang persiapan merintis Pondok Alam Penghapal (hafidz)  Quran  di Bukit Naga, Dusun Ngalang Alangsari, Planjan, Saptosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Pengasuh Padepokan Naga Emas Nusantara Abah A.Suro, Pondok hafidz Quran tersebut ditujukan untuk anak anak yatim piatu dhuafa khususnya yang terlantar.

"Kami ingin mengasuh dan mendidik anak-anak yatim piatu dhuafa terlantar agar mereka bisa hidup layak, bisa bersekolah seperti anak-anak seusianya dan membantu mempersiapkan masa depan mereka agar kelak bisa hidup mandiri dan bermanfaat ditengah-tengah masyarakat", ungkap Abah A.Suro.

"Anak-anak itu akan kami berikan kesempatan untuk belajar Hafidz Quran di Pondok, namun tetap diberi kesempatan untuk bersekolah diluar pondok hingga kelak bisa lulus hingga jenjang sarjana", imbuhnya.

Desain Rencana Mushalla (Foto: Ist)

Pondok Hafidz Quran yang akan menggunakan nama : "Pondok Alam Hafidz Quran Naga Emas"  ini akan menempati lahan  kawasan pedesaan disebuah bukit seluas 3070 m2 yang rencananya akan dibangun: Mushalla sebagai tempat ibadah, Ruang Belajar Calon Hafidz dan Hafidzah, Ruang Tidur, Ruang Makan Bersama, Aula untuk kegiatan Mujahadah, Pondok Jamaah (untuk menginap tamu), Ruang Pengasuh, Ruang Ustadz & Ustadzah, Lapangan Olah Raga dan Tadabur Alam, Pendopo Seni Budaya dan lahan budidaya tanaman serta peternakan.

Menurut Abah A.Suro, semua santri selain belajar menghapal Quran juga wajib sekolah umum dan juga aneka ketrampilan hidup yang kelak bisa dijadikan bekal ketika sudah harus hidup mandiri bersama keluarganya masing-masing.

Desain kawasan dirancang dengan nuansa dan suasana desa. Semua bangunan terdiri dari rumah-rumah kayu dengan bentuk klasik yang melambangkan kenyamanan dalam kesederhanaan. Namun demikian wajib terlihat indah, tertib, rapi dan bersih.

Kriteria untuk bisa bergabung sebagai santri mukim di Pondok ini adalah pria/wanita usia sekolah dasar (kelas 1-6), berstatus yatim/yatim piatu/piatu atau anak dhuafa yang diutamakan anak anak terlantar atau diterlantarkan keluarganya.

Padepokan akan membiayai total semua santri untuk bisa belajar dan tinggal tanpa dipungut biaya sama sekali dan bahkan akan diupayakan bagi yang memenuhi syarat akan di sekolahkan hingga lulus sarjana.

Desain Pondok Mukim (Asrama) Santri (Foto: Ist)

Padepokan juga menerima santri non mukim (kalong) yang berasal dari warga dhuafa disekitar padepokan. Sehingga masyarakat disekitar padepokan juga bisa memiliki kesempatan belajar hapalan Quran di Pondok walaupun tidak se-intensif santri mukim.

Sebagai tahap persiapan pembangunan pondok tersebut, Padepokan Naga Alam Nusantara sedang proses merekrut calon pendamping santri yaitu satu laki-laki untuk mendampingi asrama hafidz dan satu pendamping wanita untuk bertugs sebagai pendamping asrama hafidzah.

Padepokan juga mengundang para relawan yang mau ikut berjuang mengelola dan mengembangkan Pondok Alam Hafidz Quran ini. Fasilitas yang disediakan adalah mess, kebutuhan makan harian dan bisyaroh sesuai kemampuan pondok. Relawan bisa berperan sebagaj Ustadz atau Ustadzah bisa juga fokus dibidang Management dan Administrasi Pengelolaan Pondok.

Desain Pondok Jamaah/Tamu (Foto: Ist)

Dari sisi fisik pembangunan, saat ini Padepokan sedang menggalang dana untuk pembebasan lahan dan pembangunan rumah-rumah kayu di area tersebut. Pola penggalangan dana yang dilakukan adalah dengan wakaf produktif pembebasan lahan (harga 250 ribu/meter, minimal wakaf 1 meter) atau wakaf pembangunan rumah kayu sesuai desain yang sudah dirancang.

Direncanakan, proses pembangunan sudah bisa dimulai dibulan Ramadhan 1455 H/2024 M ini dengan tahap awal pembangunan Mushalla Rumah Kayu yang diperkirakan menelan biaya awal 150 juta.

"Khusus lahan mushalla dan lahan akses jalan menuju pondok kami sudah mendapatkan wakaf dari masyarakat. Semoga untuk lahan lainnya segera ada donatur yang berkenan wakaf di pembangunan Pondok Alam Hafidz Quran Yatim Piatu Dhuafa ini", pungkas Abah A.Suro (*)


----------------------------

Info:

🙏 Donasi bisa berbentuk dana atau material bahan bangunan (semen,pasir, genteng, cat, dll)

🙏Donasi berbentuk material atau bangunan rumah kayu bisa dikirim langsung ke lokasi dengan pemberitahuan terlebih dahulu ke nomor WA: 0819 0824 2328. 

🙏Donasi berbentuk dana bisa di transfer ke rekening: BTN: 11031-01-57-012043-9 (a.n.Banyu Mili Migunani) konfirmasi transfer WA ke: 0822 4233 7474. Donasi bisa berupa infaq/sedekah (jumlah bebas) atau wakaf pembebasan lahan (minimal 1 m2/ 250.000) atau wakaf pembangunan (jumlah bebas)

Sekretariat Pembangunan:

🙏Jl.Ring Road Barat 17, Turusan, Banyuraden, Gamping, Sleman

🙏Perum Griya Argatama Blok C8, Sindet, Trimulyo, Jetis, Bantul

Rencana Lokasi:

Dusun  Ngalang Alangsari
Desa Planjan
Kapanewon (Kecamatan) Saptosari
Kabupaten Gunungkidul
Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

(Lokasi berada di Kawasan Jalur Jalan Lingkar Selatan / JJLS Pantai Selatan Gunungkidul. 4 km dari Pantai Baron-Kukup-Krakal)

---------------------------

Berikut Laporan Donasi Yang Telah Masuk:

1. Keluarga Bp. Zaini (Jakarta) - Wakaf Pembangunan (Rp 15.000.000)

2. Bp. Dedi Mulyadi (Jakarta) - Wakaf Al Quran (20 pcs)

3. Ibu Suprapti (Sleman) - Wakaf Al Quran (3 pcs)

4....

5...

6...



Posting Komentar

0 Komentar