IKLAN

Antisipasi Masalah Sampah. Aswaja Development Center Gelar Pelatihan Perencanaan Pengelolaan Sampah Batch#3

 

Foto: Ariyo

|Reporter: Ariyo||Uploader: Redaksi-001|

|KlikJogja.Com||Bantul - Bertempat di Rumah Makan Kampoeng Mataram, Jl.Ring Road Selatan, Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Aswaja Carier & Development Centre menggelar Pelatihan Perencanaan Pengelolaan Sampah Bagi Pegelola Sampah, Kamis-Jumat (30-31 Mei 2024).

Puluhan peserta dari berbagai usia dan latar belakang pendidikan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut dengan mempelajari materi tentang Potensi Timbulan, Jenis dan Ragam Pengelolaan Sampah.

Aini, Mahasiswi Peserta Pelatihan Beraama Aswaja Nusantara (Foto: Ariyo)

Materi tentang Spektrum, Isu dan Rantai Pasok Pengelolaan Sampah juga disampaikan dalam pelatihan tersebut.

Begitu juga dengan materi tentang Management Resiko dan Tahapan Target Kebutuhan Sumber Daya Pengelolaan Sampah menjadi materi yang juga dipelajari selama dua hari di Kampoeng Mataram.

Team Fasilitator dari Aswaja Carier & Development Centre dengan penuh semangat mengajarkan berbagai hal terkait perencanaan pengelolaan sampah.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program pelatihan yang disinergikan dengan Program Pra Kerja yang sedang dijalankan pemerintah, sehingga semua peserta bisa mengikuti pelatihan ini secara gratis karena semua biaya ditanggung pemerintah.

Bahkan, setelah usai mengikuti pelatihan, semua peserta yang lulus mendapatkan sertifikat dan uang saku sebesar 600.000 dari pemerintah.

Foto: Ariyo

Menurut salah satu Team Fasilitator Aswaja Nusantara Tegar Veno Dwi Samodro Wicaksono, program pelatihan ini dilakukan selama 2 hari atau 15 jam pelajaran dengan metode pembelajaran presentasi, simulasi dan tugas mandiri.

"Diakhir pelatihan, dilakukan uji kompetensi membahas kondisi dan persoalan sampah di lingkungan masing-masing", papar Tegar.

Kepada Pewarta, Tegar menyatakan bahwa target dan tujuan pelatihan ini agar Peserta Bisa memilah sampah untuk mengurangi volume sampah di tempat masing masing, Bisa merencanakan pengelolaan sampah di lingkungan setempat dan bisa mengelola kegiatan pengelolaan sampah dilingkungannya masing-masing.

Pelatihan Perencanaan Pengelolaan Sampah oleh Aswaja Carier & Development Centre di Yogyakarta ini adalah yang ke 3 di tahun 2024 dengan peserta beragam mulai mahasiswa hingga ibu rumah tangga dengan pola luring (tatap muka).

Nur Aini Lutfiya, mahasiswi asal Pati yang mengikuti pelatihan tersebut merasa senang dan puas dengan pelatihan yang di selenggarakan Aswaja Nusantara. Ia merasa materi yang disampaikan sesuai dengan apa yang inginkan.

Intan Puspitasari (45 th) Ibu Rumah Tangga Peserta Pelatihan. (Foto: Ariyo)

"Materi ini sangat mudah diikuti, simple dan praktis. Pematerinya juga enak dalam menyampaikan materinya", ungkap Aini.

Pendapat senada juga diungkapkan peserta lain Intan Puspitasari. Ibu Rumah Tangga berusia 45 tahun ini merasa sangat beruntung bisa mengikuti pelatihan ini.

"Kalau saya memang tidak sedang mencari kerja, tapi saya mendapatkan ilmu peluang usaha dari bahan baku sampah. Saya baru tau ternyata sampah jika dikelola bisa jadi peluang usaha yang bisa menghasilkan uang, khususnya bagi ibu ibu rumah tangga seperti saya", pungkas nya bersemangat (*}




Posting Komentar

0 Komentar