IKLAN

Ki Ageng Getas Pendowo, Tokoh Penting Berdirinya Dinasti Mataram

Foto: Net

|Uploader: Redaksi-001|

|KlikJogja.Com| - Ki Ageng Getas Pendowo Beliau adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah perjalanan berdirinya Dinasti Mataram .

Ki Getas Pendowo nama aslinya adalah Raden Depok. Beliau adalah putra dari Raden Bondan Kejawan dengan Ibu Dewi Nawangsih ( Putri Ki Ageng Tarub dengan Ibu Dewi Nawang Wulan ). 

Jadi Ki Ageng Getas Pendowo adalah Cucu dari Raja Brawijaya V raja terakhir Majapahit.

Pada masa kecil, beliau mendapat berbagai ilmu dari Raden Bondan Kejawan juga Sunan Kalijaga, paman Beliau.

Ketika remaja  Beliau dikirim memperdalam ilmu dan menjadi murid Sunan Mojogung di  Gunung Jati di Cirebon, Beliau diberi nama oleh Sunan Mojogung di Gunung Jati, Kyai Abdullah. 

Setelah selesai memperdalam ilmu di Perguruan Sunan Mojogung, beliau diperintahkan kembali ke daerah dekat tempat tinggal orang tuanya yang bernama Getas Pendowo untuk syiar Islam dan kemudian beliau bergelar Ki Ageng Getas Pendowo.

Beliau adalah yang , hebat,  berwibawa kharismatik. Beliau adalah sosok pemimpin yang tegas dan berwibawa,  Maka kemudian Beliau diberikan nama Ki Ageng Getas Pendowo. 

Selama hidupnya Ki Ageng Pendowo adalah seorang yang tekun dalam beribadah dan menyiarkan agama Islam. Disamping itu Beliau suka bertapa meditasi dan laku prihatin disela sela kegiatan Beliau dalam bertani. 

Beliau dalam keseharian adalah seorang yang sederhana dan suka bersedekah. Hasil panen yang diperoleh tidak dinikmati sendiri tetapi dibagi bagikan kepada yang membutuhkan supaya mereka juga bisa merasakan hidup layak.

Disamping sebagai murid Sunan Mojogung Gunung Jati di Cirebon. Beliau juga diambil sebagai menantu oleh Sunan Mojogung di Gunung Jati Cirebon.

Putra Putri Ki Ageng Getas Pendowo :
1. Ki Ageng Selo ( dari Putri Sunan Mojogung Gunung Jati )
2. Nyai Ageng Pakis
3. Nyai Ageng Purno
4. Nyai Ageng Kare
5. Nyai Ageng Wanglu
6. Nyai Ageng Bokong
7. Nyai Ageng Adibaya

Makam Ki Ageng Getas Pendowo Desa Kuripan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, 

@ sumber sejarah mataram



Posting Komentar

0 Komentar