IKLAN

Pangdam IV/Diponegoro Tinjau Budidaya Pisang Cavendish

Foto: Penrem 072/Pamungkas

|Uploader: Redaksi-001|

|KlikJogja.Com|Kebumen - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi S.I.P,.M.Si bersama Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H.,M.Si. meninjau budidaya pisang Cavendish  Kodim 0709/Kebumen diatas lahan seluas 3 hektare di desa Tunjungseto, Sempor, Kebumen, Jawa Tengah. Rabu, (15/5/2024)  

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi mangapresiasi kepada Dandim 0709/Kebumen dalam memanfaatkan lahan kurang produktif dengan budidaya pisang Cavendish, ini menjadi bagian dalam memperkuat kemanunggalan TNI bersama rakyat. 

Lebih lanjut Pangdam IV/Diponegoro menjelaskan selain di Kodim 0709/Kebumen program ketahanan pangan juga  dicanangkan di seluruh wilayah Kodim jajaran Kodam IV/Diponegoro, tetapi jenis tanamannya bervariasi tergantung iklim diwilayahnya. Kegiatan ini bertujuan supaya masyarakat suka bertani.

Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta menyampaikan bahwa budidaya pisang Cavendish memanfaatkan lahan tidur milik BBWS diatas lahan seluas 3 hektare yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan Pasar  Ekspor  yang dicanangkan sebagai bentuk pengabdian Kodim 0709/Kebumen di bidang ketahanan pangan.  

Program ini berorientasi terhadap ekonomi kerakyatan, sebab dalam pengembangan budidaya pisang Cavendis lebih mengedepankan partisipasi masyarakat. Nantinya, masyarakat tetap terlibat pada pengembangan budidaya pisang. 

Menurut Dandim 0709/Kebumen, dipilihnya pisang Cavendish karena manajemen budidaya dari hulu ke hilir cukup mudah, dilain sisi, pisang kualitas super ini sangat diminati pasar regional maupun internasional. Pihaknya juga tak khawatir karena sudah ada pihak yang siap menampung hasil panen budidaya pisang Cavendish. 

"Kami menanam apa yang dibutuhkan pasar. Setelah panen akan diekspor ke Arab Saudi. Jemaah haji dan umroh itu butuh," jelasnya.

Acara diakhiri dengan pemberian sembako kepada masyarakat sekitar dan dilanjutkan dengan penanaman pohon pisang Cavendish. (Penrem072PMK)

Posting Komentar

0 Komentar