IKLAN

Perkuat Silaturahmi & Ukhuah, Trah Hamengkubuwono I-IX Gelar Syawalan di NDalem Suryowijayan Yogyakarta

|Reporter: Ariyo||Uploader: Redaksi-001|

|KlikJogja.Com|Yogyakarta - Bertempat di nDalem Suryowijayan, Yogyakarta,  Paguyuban Trah Hamengkubuwono  menggelar acara syawalan yang diikuti puluhan keluarga yang berasal dari Tedhak Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono I-IX, Minggu (5 Mei 2024).

Kegiatan Syawalan diawali dengan sambutan Ketua Panitia R.Dwi Prasetyo Yuli, S.Pd. dilanjutkan dengan ikrar syawalan yg dibacakan oleh R.Rasyid Yuliansyah dilanjutkan tausyiah oleh K.H.Na'imul Wa'in (Gus Na'im) Pimpinan Pondok Pesantren Al Luqmaniyah Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Dalam Tausyiahnya K.H.Na'imul Wa'in mengungkapkan perlunya keluarga besar Hamengkubuwono untuk mempererat persaudaraan dan kekeluargaan untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat.

"Jika kita jadi keturunan yang baik, memiliki sifat dan budi yang baik. Maka di akherat kelak para leluhur Hamengkubuwono akan menyambut kita dengan sukacita", ungkap K.H.Na'imul Wa'in.

Lebih lanjut, Pimpinan Pondok Pesantren Al Luqmaniyah ini menyampaikan pesan-pesan  bahwa sebagai Tedhak Turun Hamengkubuwono kita harus menjaga sikap dan menjadi orang baik dengan cara, Pertama: Selalu mendekati  orang-orang yang  menjauh dari kita. Kita  rangkul dan kita dekati kembali agar persaudaraan tidak terputus. Jangan malah dijauhi dan dijelek-jelekkan. Kedua: Selalu buka pintu maaf dan ampunan kepada siapa saja yang pernah berbuat salah atau berbuat  jahat  kepada kita.  Ketiga: Selalu berikan sesuatu kepada orang orang yang tidak pernah memberikan sesuatu kepada kita. Jangan hanya memberikan sesuatu kepada orang yang sering memberikan sesuatu kepada kita.

Syawalan kali ini membawa kesan mendalam bagi yang hadir. Diantaranya yang di ungkapkan R.Ay.Wita Tistomo yang merupakan Trah Hamengkubuwono VII  dan Hamengkubuwono VIII. 

"Ini adalah ajang pertemuan keluarga Trah HB I-IX agar saling mengenal dan mempererat persaudaraan sesama saudara satu darah. Ini acara yang sangat bagus sekali", ungkap R.Ay.Wita.

Pendapat senada juga diungkapkan R.Ngt.Harni Turia yang merupakan turunan Hamengkubuwono II.

"Alhamdulillah acara syawalan Hamengkubuwono II ini sangat bagus untuk mempererat tali silaturahim antar anggota, yang belum kenal jadi kenal, memperluas persaudaraan bagi yang tinggal dari luar Yogyakarta", ungkapnya.

"Saya usul, jika ada acara seperti ini sekalian diadakan bazar produk bagi keluarga yang punya usaha agar bisa saling membantu mengembangkan kewirausaahan dan perekonomian bagi keluarga Hamengkubuwono", imbuhnya.

Acara syawalan juga disambut gembira kalangan anak muda Tedhak Turun Hamengkubuwono  seperti yang disampaikan Rr.Shafa Amarilla.  Ia berharap anak anak muda yang masih memiliki darah Hamengkubuwono bisa saling mengenal dan mempererat persaudaraan

"Bagi anak anak muda seperti kami, mungkin perlu diadakan acara ditempat yang viral dikalangan anak muda. Agar anak-anak muda Generasi -Z seperti saya merasa senang dan bisa banyak belajar sekaligus menjalin tali silahturahmi sesama keluarga", harapnya.

Acara Syawalan diakhiri dengan doa dan saling berjabat tangan dan dilanjutkan dengan berfoto  bersama antara sesama Trah Hamengkubuwono I-IX yang berasal dari berbagai kota di Indonesia (*)



Posting Komentar

0 Komentar