IKLAN

Danrem 072/Pamungkas Menghadiri Rakornas Pengendalian Inflasi 2024

 

Foto: Penrem 072/Pamungkas

|Uploader: Redaksi-001|

|KlikJogja.Com|Yogyakarta -  Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si.,  Menghadiri Rakornas Pengendalian Inflasi 2024 dengan tema "Pengamanan Produksi dan Peningkatan Efisiensi Rantai Pasok Untuk Mendukung Stabilitas Harga", bertempat di Ruang Bangsal Mataram Kanwil Bank Indonesia DIY, Jl. Panembahan Senopati, No.4-6, Kel. Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Jum’at (14/06/2023). 

Ibrahim selaku Kepala Kanwil Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait dengan perkembangan inflasi terutama sampai dengan tahun 2024 ini. Dalam rakornas dengan tema pengamanan produksi dan peningkatan efisiensi rantai pasok untuk mendukung stabilitas harga tercermin bahwa di daerah berupaya mengamankan dari sisi hulu lebih dahulu kemudian bagaimana rantai distribusi sampai hilir.


Kemudian menjamin pasokan kepada konsumen sehingga terjadilah stabilitas harga disinilah pentingnya tim TPID yang selalu meningkatkan sinergi koordinasi, juga sudah disampaikan terkait dengan Award apresiasi kepada provinsi kota dan kabupaten, yang mungkin pada tahun ini kita belum mendapatkan. Tapi Insyaallah bapak ibu sekalian nanti akan saya sampaikan semoga ini masih harapan dan doa dengan dukungan bapak ibu semua yang ada di sini kita bisa jaga motivasi ini dan tahun ini, bisa kita raih.

Ibrahim menambahkan perkembangan inflasi khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta kalau kita lihat bahwa inflasi yang biasanya selalu lebih tinggi dibandingkan dengan nasional. Datanya kita mencapai 2, 28% kalau kita bandingkan untuk Provinsi DIY kita memiliki 6 secara nasional. Dan Jawa kita di bawah DKI Jakarta tetapi capaian ini tentu saja sangat luar biasa dan Memberikan motivasi kepada kita semua sehingga langkah yang kita lakukan itu memang betul-betul sesuai dengan arah, inilah motivasi kita sehingga berharap tahun depan bisa kita peroleh itu menjadikan dukungan motivasi bagi kita kedepan atau mendukung masyarakat yang lebih baik.

Dalam kesempatan ini juga Tri Saktiyana, M.Si.  selaku Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Perekonomian membacakan arahan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta menyampaikan penghargaan kepada tim pengendalian atas usaha mereka dalam mengendalikan inflasi per Mei 2024 tercatat ada 2, 28%tahunan, kisaran nasional yaitu 2,8 -1% tahunan, usaha ini adalah hasil kerjasama erat dengan berbagai pihak terkait termasuk melalui kegiatan pasar murah operasi pasar dan gerakan pangan murah yang memastikan ketersediaan bahan pokok dengan harga terjangkau di masyarakat.

Kita juga telah meningkatkan inovasi dalam upaya pengendalian inflasi seperti peluncuran gerakan masyarakat dan pedagang tanggap inflasi, yang bertujuan mendidik pedagang pasar tentang inflasi dan peran mereka dalam mengendalikannya inflasi, ini menambah program yang sudah ada seperti harga di pasar, beberapa kemajuan tidak boleh lengah menghadapi berbagai tantangan dan risiko di masa depan baik dari dalam maupun luar negeri dan Penting juga untuk kita pantau bersama demi menjaga stabilitas inflasi yang akan mendukung perekonomian di Indonesia durasi lintas sektor sangat kecil dalam stabilisasi harga dan ketahanan pangan. Akhir kata Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kemudahan kepada kita semua dalam menjaga inflasi DIY yang stabil dan terkendali.

Turut Hadir dalam Ir. Sugeng Purwanto M.M.A. (Pj. Walikota Yogyakarta), Sugiarto (Binda DIY), Agung Yulianto (Kanwil DJPb DIY), Eko Yulianto (OJK DIY), Agus Mulyono (Dinkop dan UMKM DIY), Zulhaidir (PT. Angkasa Pura 1 Yogyakarta), Sapto Nugroho (Dishub DIY), Perwakilan Perbankan dan Perwakilan pelaku usaha bidang pangan di DIY. (Penrem_072/PMK)

Posting Komentar

0 Komentar